Program Komputerisasi Analisis Statistika



Salah satu program komputerisasi untuk melakukan analisis data statistika yang sudah banyak dikenal oleh kalangan mahasiswa & mahasiswi baik D3, S1, S2, maupun S3 yaitu SPSS. SPSS merupakan sebuah program/aplikasi/software komputer yang digunakan untuk membuat analisis statistika yang dipublikasikan oleh SPSS Inc. Dengan adanya program ini, akan lebih memudahkan para peneliti untuk melakukan analisis dengan data yang banyak.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stanford University, yang sekarang menjadi Profesor Peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stanford dan Profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago. SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.
Ibnu Afrillah
SPSS
0896-8746-9716


Metode statistika yang terdapat dalam software ini di antaranya:
  1. Deskriptive Statistics
  2. Analisis Regresi (Regression)
  3. Rancangan Percobaan (Design of Experiment) :
    • Parametrik (Analysis of Variance) or
    • Non Parametrik (Median-test, Mann Whitney Test, Kruskall Wallis, Friedmenn Test, dll)
  4. Analisis Deret Waktu (Time Series Analysis)
  5. Peramalan (Forecasting)
  6. Path Analysis
  7. Structural Equation Modelling (SEM)
  8. Categorical Data Analysis
  9. Multivariate Analysis (Principal Component Analysis, Factor Analysis, Biplot, dll) 
  10. Sampling dan Survey
Dari beberapa analisis yang ada diatas, masih banyak terdapat analisis-analisis lainnya di dalam software SPSS. Jadi, tergantung kepada si peneliti ingin menggunakan metode analisis yang mana. selain itu, Laboratorium Statistika IKOPIN juga menyediakan jasa layanan analisis statistika menguunakan program SPSS. Bagi para pembaca artikel ini berminat, bisa menghubungi para asisten Laboratorium Statistika yang berpusat di Sekretariat UPT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS TREND

PELUANG DAN HUKUM-HUKUM PELUANG

NILAI PENGANTAR STATISTIKA 2023