STATISTICS MAKE YOUR DATA REAL



Kenapa harus statistika ?

http://1.bp.blogspot.com/-zGfvNOCDNok/T6aC4cPcJcI/AAAAAAAAAU4/jarXZuvDvYc/s1600/index.pngStatistika, tidak semua orang mengenalnya. Kebanyakan orang, menganggap statistika itu matematika. Memang kalau dari segi substansialnya sama, tapi statistika itu jelas-jelas beda dengan matematika. Statistika memiliki keunikan tersendiri dengan ilmu yang lain. Statistika memiliki cara tersendiri dalam menyajikan ilmunya. Selain itu cara belajar statistika tentulah tidak sama dengan cara belajar ilmu yang lain. Disamping itu, statistika adalah ilmu yang bergerak di area yang sangat special di berbagai bidang kehidupan.

Statistika dan statistik. Statistik adalah sekumpulan data-data yang menjadi bahan yang akan diolah dengan menggunakan ilmu statistika. Statistika adalah ilmu untuk mengolah, mengkaji, dan menyajikan statistik suatu kondisi. Statistika tidak membahas tentang statistik saja, tetapi metode-metode perhitungan yang lain seperti manajemen kualitas, pengendalian kualitas statistik, dan metode riset pasar. Hal ini membuktikan bahwasannya statistika juga mencakup banyak hal dalam kehidupan kita. Selain tiga contoh diatas, statistika juga sering digunakan dalam analisis pasar, fluktuasi harga pasar, dan perkembangan pasar saham.


Statistika selalu memunculkan hal yang unik dalam setiap sendi kehidupan. Semisal ilmu fisika memandang semua data-datanya dari sudut rasionalitas dan kepastian tapi statistika sangat berbeda dengan fisika, statistika memandang semua data-datangya dari sudut probabilitas jadi sebelum sesuatu itu terjadi statistika dapat memperkirakan kemungkinan yang akan terjadi tersebut. Itulah salah satu dari sekian banyak kehebatan statistika.

Statistika sebagai bagian dari sains tentu memiliki alasan tersendiri. Fisika dengan rasionalitasnya, kimia dengan bahan-bahan kimiawinya, matematika dengan perhitungannya dan rumusnya, biologi dengan kehidupanny, dan informatika dengan teknologinnya. Sedangkan statistika memiliki alasan yang tidak kalah hebatnya kenapa menjadi ilmu sains yang spesifik dari pada matematika dan lainnya karena statistika punya statistik dan analisis yang akurat terhadap suatu kondisi yang belum terjadi.

Statistika sebagai bagian dari khazanah keilmuan umat manusia, menduduki peranan yang sangat penting sama halnya dengan keilmuan lainnya. Statistika memberikan kontribusi besar bagi kehidupan manusia. Ilmu Kedokteran yang berkedudukan sebagai ilmu kesehatan dan praktikan tidak akan pernah bisa menjalankan fungsinya dengan baik jika tidak mengaplikasikan ilmu statistika dengan baik dan benar maka ilmu kedokteran tidak akan bisa mengolah data-data praktikumnya dengan sistematis dan akurat. Contoh lainnya jika kita mau mendapatkan data penelitian yang akurat dan sistematis maka mau tidak mau harus melibatkan ilmu statistika dalam mengolahnya sehingga dihasilkan analisis yang tajam dan akurat. Jadi, ilmu statistika dibutuhkan oleh semua bidang kajian ilmu.

Statistika adalah ilmu yang tidak boleh dianggap remeh oleh ilmu lain karena statistika memiliki peranan yang penting dalam keberlanjutan studi ilmu-ilmu yang lain. Statistika menyumbang peranan yang penting dalam memberikan gambaran kondisi ke depan tentang suatu hal. Sehingga, ilmu-ilmu pengetahuan yang lain harus berkolaborasi dengan statistika dalam mendapatkan data-data yang komplit dan akurat.

Dari beberapa uraian diatas tentang statistika kita dapat menarik benang merah ternyata ilmu statistika benar-benar dibutuhkan dalam berbagai kajian ilmu yang ada. Statistika juga memberikan kontribusi dalam menyajikan data-data tentang suatu kondisi kedepannya akan bagaimana berdasarkan perkiraan yang akurat.

Selain penjabaran diatas beberapa hal penting terkait dengan statistika adalah matematika. memang matematika adalah ilmu hitung yang tercakup di dalam pembahasannya salah satunya adalah  statistika. Statistika merupakan keilmuan yang lebih spesifik dibandingkan dengan matematika. matematika bergerak dalam hal menyeluruh tentang perhitungan-perhitungan dan penalaran, tetapi statistika mengedepankan sekumpulan data-data yang diambil dari suatu kondisi yang kemudian diolah untuk menjadi acuan kedepannya suatu keadaan yang dianalisis datanya tersebut menjadi seperti apa. Inilah perbedaan yang mencolok antara statistika dan matematika. jika kita bicara matematika maka kita juga membahas statistika tapi jika kita bicara statistika maka kita membahas statistika itu sendiri. Sehingga dapat dikatakan bahwasannya statistika adalah ilmu yang hanya dirinyalah yang mengetahui prakiraan suatu keadaan kedepan bagaimana menurut data-data yang diolah dan dianalisis melalui tahapan yang super ketat.

Disamping keunikan dan keunggulan dari ilmu statistika, tidak dapat dipungkiri bahwasannya pasti terdapat kekurangannya. Walaupun statistika memiliki banyak keunggulan tentunya statistika seperti ilmu lainnya juga yang tidak dapat menjalankan fungsinya secara sendiri. Statistika membutuhkan ilmu-ilmu lain dalam menjalankan fungsinya sebagai bentuk aplikasi fungsi statistika.

Dalam sebuah forum dengan pembicara pak agus salah satu dosen statistika undip beliau menuturkan bahwasannya statistika adalah keilmuan yang unik dan fokus tapi tidak akan berguna jika tidak diaplikasikan ke ilmu yang lain yang tentunya dapat menunjang keberhasilan dalam menjalankan fungsinya. Beliau juga menambahkan bahwasannya statistika sangat diperlukan dalam banyak sendi kehidupan jika diaplikasikan kedalam kajian-kajian ilmu yang lain seperti ilmu kedokteran, fisika, kimia, dan matematika.

Selain itu juga pernyataan yang diungkapkan pak agus juga dikuatkan oleh Bu Dwi ispriyanti selaku ketua jurusan statistika Universitas Diponegoro dalam sebuah forum yang sama beliau menuturkan bagi lulusan statistika jangan mengkhawatirkan soal pekerjaan karena statistika dibutuhkan dalam banyak sector kehidupan seperti perbankan, industry, dan pemerintahan. Hal ini membuktikan bahwasannya statistika memang ilmu yang banyak manfaatny jika bergabung dengan keilmuan yang lain. Statistika juga merupakan ilmu prakiraan bukaan ilmu pasti sehingga statistika tidak dapat mutlak menenetukan apa yang akan terjadi kedepannya.

Dari pemaparan diatas, terlepas dari keunggulan dan kelemahan ilmu statistika sebagai suatu khazanah keilmuan, dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwasannya mempelajari statistika itu penting tapi  mempelajari keilmuan yang lain juga tidak kalah pentingnya  karena keilmuan itu akan senantiasa melengkapi kekurangan satu sama lain.

http://statundip.wordpress.com/2012/11/28/kenapa-harus-statistika/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS TREND

PELUANG DAN HUKUM-HUKUM PELUANG

NILAI PENGANTAR STATISTIKA 2023